Internet Sehat : Yes! Aku Bisa!

16 Nov 2010

Derasnya perkembangan teknologi dewasa ini telah mendorong tersedianya akses internet bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan internet telah menyentuh anak usia balita sampai orang dewasa yang sebetulnya masih “kaget” dengan internet .

Bak gayung bersambut, antusiasme yang besar terhadap internet di dukung pula dengan semakin menjamurnya provider-provider internet yang menawarkan biaya internet yang terjangkau. Bahkan boleh dibilang murah, ada operator seluler yang juga menyediakan akses broadband yang manawarkan hanya dengan Rp25.000 saja sudah bisa internet unlimited selama sebulan.

Seperti yang dikutip dari id.wikipedia.org, sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya.

Kala itu, internet termasuk “barang mewah” atau “barang langka” . Sangat kontras dengan apa yang kita lihat sekarang. Warung-warung internet berjejer dimana-mana, harga komputer jinjing semakin murah, dan layanan akses broadband juga semakin murah.

Dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia membuat bayak pihak khawatir akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet itu sendiri. Karena begitu mudahnya setiap orang untuk mengakses internet dan “berselancar” kemanapun yang ia mau.

Banyak juga diantara mereka yang akhirnya menjadi “korban” internet . Seperti terjebak pada kecanduan pada situs porno, melakukan penipuan via internet dan banyak lagi yang terjerumus kepada hal-hal yang negatif.

Lalu, bagaimana kita menyikapinya? Tentu kita tidak ingin seperti mereka bukan? Salah satu kegiatan positif yang dapat kita lakukan di internet adalah blogging. Blogging atau lebih kerennya ngeBlog banyak sekali manfaatnya. Selain kita bisa berbagi dengan orang lain kita juga bisa menambah teman dan belajar untuk memahami seluk beluk blog . Dengan ngeblog kita dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif.

Jujur saja, saya baru mengenal internet pada saat awal masuk kuliah, sekitar tahun 2007. Ketika itu saya belum satu apa-apa tentang internet, sedikitpun tak tahu. Sudah dicoba membayangkan bagaimana sih internet itu, tapi sama sekali ga kebayang. Bahkan ke warnet saja saya “gugup” . Akhirnya ada seorang teman yang baik mau mengajarkan sekalian memperkenalkan apa itu internet . Pertama kali bikin email di yahoo.co.id , “uuuuuhhh senangnya!!!

Sejak saat itulah saya mulai familiar dengan yang namanya internet . Mulailah saat itu surfing dan browsing kesana-kemari. Maka mulailah membuat sebuah account di jejaring sosial yang kala itu masih sangat populer bernama friendster. Kemudian timbul rasa ingin tahu bagaimana sih cara buat blog .

Saya tanya kepada teman “Apasih situs yang menawarkan fasilitas blog gratis?” dengan enteng dia menjawab, ” wordpress, blogspot dan banyak lagi, silahkan cari saja di google

Entah seperti apa detilnya saya juga sudah lupa, tapi blog pertama saya bukan di blogspot bukan juga di wordpress. Satu tahun berikutnya baru saya mulai untuk membuat blog di blogspot. Jika pembaca tidak berkeberatan silahkan berkujung ke blog saya di fabrie.blogspot.com . Inilah blog pertama yang serius saya bangun dari awal. Mulai mengisi portingan, mengedit template sampai menambahkan script-script yang bejibun yang “ga jelas banget” isinya. Lama kelamaan akhirnya saya mulai mengerti fungsi dari beberapa script tersebut. Yah, walaupun belum bisa membuat script-nya mengerti fungsinya saja sudah menjadi satu kemajuan buat saya yang baru melek teknologi ini .

Menurut saya blog , blogging atau ngeblog merupakan salah satu cara untuk mengapliaksikan internet sehat, bukan cuma itu saja tapi juga bikin hebat, seperti Kak Raditya Dika. Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya berjudul masuk kategori best seller. Raditya Dika, merupakan salah satu figur yang patut kita contoh. Tulisannya yang awalnya dibuat di sebuah blog akhirnya dijadikan sebuah buku.

Blogger lain yang sukses ngeblog adalah Nico Wijaya. Penerima Award Microsoft Bloggership 2010 (2009-2010 ) dan Petualang Aku Cinta Indonesia DetikCom. Kemudian ada juga Anandita Puspitasari Penerima Award Microsoft Bloggership 2009 (2008-2009 ) dan juga terpilih sebagai Petualang Aku Cinta Indonesia DetikCom.

Saat ini sudah banyak pihak sponsor yang mengadakan lomba blog , tentu saja ini menjadi pemicu bagi munculnya kreatifitas-kreatifitas yang selama ini mungkin masih terpendam. Dengan, blog kemampuan menulis kita akan semakin terasah, dan kita menjadi terbiasa untuk menyampaikan buah pikiran melalui menulis. Salah satunya adalah lomba blog yang diadakan oleh blogdetik.com , internetsehat.org, dan telkom speedy ini. Festival Blog Bertema Internet Sehat Bikin Hebat.

Selain dengan blog masih banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan di internet. Seperti yang sudah banyak dilakukan oleh teman-teman di facebook. Menyulap album foto facebook menjadi toko online “pribadi”. Tinggal upload informasi tentang produk yang ditawarkan lalu men-tag album tersebut ke teman-teman. Lumayan efektif dan hemat biaya. Karena selain menjalankan hobi (hobi facebook-an ) kita juga bisa belajar merintis sebuah bisnis online. Malahan nih sobat blogdetik, ada teman yang sekalian menjadi “model dadakan” untuk memperagakan produk pakaian yang ia tawarkan. Bagaimana dengan sobat? tertarik bukan? ayo mulai dari sekarang.

Nah ini salah satu contoh paling nyata dan paling dekat dengan sobat blogdetik yang masih pelajar atau mahasiswa. Banyak sekali sumber bacaan yang tersedia di internet boleh dikatakan “apa saja ada“. Sobat blogdetik bisa mencari bahan-bahan kuliah atau tugas kuliah dengan mudah, semudah bilang “googling saja” . Jika sobat mencari sebuah buku langsung saja cek di book.google.com, banyak tersedia buku-buku referensi untuk sekolah dan kuliah disana.

Kesimpulannya, manfaatkanlah internet sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif yang bisa membangun diri kita menjadi suatu pribadi yang “hebat“. Satu hal yang harus selalu sobat blogdetik ingat adalah “orang yang menguasai informasilah yang akan menguasai dunia” . Perolehlah informasi-iformasi itu dengan ber-internet sehat.

Demikanlah tulisan saya kali ini sobat, keep blogging!


TAGS Festival BLOG 2010


-

Author

Follow Me