Sekularisme Online : Sebuah Fenomena Unik Di Dunia Maya Dan Dunia Nyata

25 Nov 2010

Tadi sore gw ketemu dengan teman kampus, dia mantan teman facebook gw juga. Anggap saja namanya bunga (kwkwkw kyk nama samaran berita pencabulan aja :D ) . Awalnya di dunia nyata belum kenal (walaupun teman sekampus), berkat facebook semuanya lancar. Bisa kenal lebih banyak dengan teman-teman yang belum dikenal di dunia nyata, termasuk Bunga . Karena udah jadi teman facebook, seperti biasa dilakukanlah ritual seorang facebooker (komen status, updare status, like, colek, dll). Karena udah merasa akrab maka sudah biasa saja bagi kami berseloroh dan membuat lelucon-lelucon agar bisa ngakak.

Nah, lama kelamaan tiba Bunga mendadak sensi , jutek abis. Sampai terjadi keributan kecil dan berujung penghapusan sebagai teman facebook. Maka di tariklah kesimpulan bahwa kita lagi musuhkan (kan habis ribut di fb kwkwkw).

Ternyata apa yang terjadi di facebook berbeda jauh dengan dikenyataan. Di dunia nyata semuanya baik-baik saja. Ga ada ribut seperti di facebook. Masih saling tebar senyum gtu lohhhh!

O iya, judulnya belum kita bahas. Sekularisme Online yang gw maksud ya seperti cerita di atas, memisahkan kehidupan dunia nyata dari kehidupan Online. Sehingga terlihat seolah-olah berkepribadian ganda (pribadi nyata dan pribadi Online kwkwkw). Apa yang terjadi di dunia maya cukup di dunia maya saja, jangan dibawa ke dunia nyata.

Ada lagi dua teman gw yang kisahnya nyaris sama seperti kisah si Bunga (bukan nama sebenarnya). Bahkan sampai debat tingkat tinggi alias bertengkar di facebook yang berujung pemecatan sebagai teman

Lagi-lagi, gw dengan mereka semua di dunia nyata baik-baik saja. Ga da istilah musuhkan.

Apa ini bisa disebut Sekularisme Online hahaha, sekularisme disini bukan dalam artian sebenarnya. Kalo arti yang aslinya sih pemisahan kehidupan bernegara dari agama. Sekularisme Online (sekali lagi) pemisahan kehidupan nyata dari kehidupan Online atau dunia maya. Cocok ga ya istilah gw??? (asal bunyi aja gw) :-o


TAGS


-

Author

Follow Me