Kota Seribu Angkot Modis : Modifikasi Yang Mengancam

30 Nov 2010

Kota Padang selain dikenal dengan masakannya juga terkenal dengan angkot (angkutan kota) yang konon katanya paling kreatif dan mewah se-Indonesia. Bayangkan saja, asesoris yang digunakan di angkutan ini melebihi mobil pribadi sekalipun. Sound System super komplit dengan suara yang dahsyat, LCD TV (bahkan ada yang double depan belakang dan ukuran besar), Tempelan stiker di sekujur body yang menarik dan warna-warni (terlihat seperti mobil balap), tempat duduk yang empuk, kaca film yang terlihat elegan, ceper , pokoknya gaul abis.

Tampak Dari Luar

Tampak Dari Luar

Seperti yang dikutip dari komentar tulisan yang berjudul fenomena angkot kota padang yang dimuat di catra.wordpress.com. Orang-orang yang pernah naik angkutan kota di Kota Padang sangat terkesan. Seperti komentar dari FaNZ Huehehehe
Saya jg pnah naek angkot padang
Musik disco, supir ngebut, bodi ny jg keren. Huehehe. Ada juga komentar lain dari Sandi kira2 ongkosx brpa yach naik mobil she keren itu ?? . Sepertinya Sandi termasuk yang heran dengan fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia angkutan kota di Kota Padang ini.

Banyak lagi komentar lain yang senanda lengkapnya silahkan baca disini. Jika dilihat secara fisik memang angkot-angkot tersebut layak diacungi jempol. Supir atau pemilik angkot itu sangat kreatif dalam mendesain setiap sudut dan lekukan body mobilnya. Ruang penumpang yang lega dan bersih menambah kenyamanan penumpang yang menaikinya.
Konon lagi nih sobat, jika angkutan tidak dimodifikasi sekreatif mungkin maka angkutan kota tersebut akan tersingkir dari persaingan mendapatkan penumpang. Karena penumpang cenderung aka memilih angkot yang lebih dibandingkan dengan yang lain.

angkot2angkot4angkot3

gambar lain klik disini (ukuran foto besar)

Tapi sadarkah Sobat, apa yang ada dibalik kemewahan itu? Sobat yang tinggal di Kota Padang tentu saja sudah tidak asing lagi dengan berita tentang tergulingnya angkutan kota ditengah jalan, bahkan ada yang masuk ke got dan sungai. Hal ini terjadi karena angkutan kota yang terlalu ceper, hanya beberapa sentimeter saja dari aspal. Ketika angkot dalam keadaaan ngebut dan jalan bergelombang atau ada lubang maka body ceper angkot ini akan tersandung dan angkotpun jatuh tersungkur. Sehingga kerap dilakukan razia angkutan kota ceper ini di kota padang.

Suara keras yang dihasilkan sound system di angkutan kota ini sangat tidak manusiawi. Mungkin tidak semua angkutan kota seperti ini. Tapi kebanyakan angkutan kota seperti yang telah dibahas di atas, rata-rata musiknya keras. Sering saya lihat ibu-ibu yang mengeluhkan musik yang kerasnya ampunnnn dijeeeeeyyyy ini. Bahkan ada ibu-ibu yang tak segan-segan minta musiknya volumenya dikecilkan atau dimatikan. Ada juga diantara sopir angkot yang sedikit berperasaan sehingga dikecilkannyalah volume musiknya. Tapi ada juga yang bersikap cuek dan malah mengeraskan musik di tempat-tempat tertentu untuk menarik perhatian penumpang. Saya sendiri juga merasa tidak nyaman dengan musik yang keras ini, telingan saya perih bahkan masih terasa sampai dirumah.
Masalah ini mungkin akan berbeda jika seandainya speaker besar dalam rangkaian sound system angkot tersebut diletakkan dekat dengan supirnya. Sehingga ia dapat mengontrol volume musik dengan baik. Yang terjadi adalah speaker besar ( biasanya dua buah) diletakan di ruang penumpang. Disaat angkutan kota penuh maka si supir tidak akan merasakan betapa kerasnya musik tersebut karena antara si supir dan speaker terhalang oleh penumpang. Yang paling menderita telinganya adalah yang duduk paling belakang. Telinganya langsung berhadapan dengan speaker besar yang ukurannya puluhan kali lebih besar dari daun telinganya. Bukan tidak mungkin ini bisa menimbulkan gangguan pendengaran. Alangkah baiknya jika volume musiknya sedang-sedang saja tapi hasil suaranya berkelas karena menggunakan sound System yang terbilang canggih.

Semoga ada supir angkot atau orang-orang dekatnya membaca tulisan saya ini, tulisan ini tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya curhatan seorang angkotholic yang merasa tidak nyaman dengan musik keras angkutan kota.

Bukan berarti angkutan kota modif itu tidak bagus, menurut saya itu sangat kreatif. Tapi tolong perhatikan juga kenyamanan penumpang. Toh, tujuan modifikasi angkot tersebut juga ingin membuat penumpang nyaman dan ramai-ramai naik angkotnya. Modifikasi bukan untuk menunjukkan sisi egois si supir atau pemilik.


TAGS akuntan kota padang padang supir angota modifikasi kreatif sound system canggih keren bahaya pendengaran angkot terguling


-

Author

Follow Me